Ilmu Komunikasi A USU 2018

Blog ini dibuat bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah keterampilan berkomunikasi 2.

Rifa Alya, Bermimpi untuk Mengukir Prestasi


Kesadaran bahwa pendidikan begitu penting bagi gadis cantik berkulit putih ini, membuatnya bersemangat dalam meraih prestasi. Seperti tidak mengenal waktu, ia selalu berusaha menjalani aktifitasnya dengan sungguh-sungguh. Tidak hanya untuk coba-coba, segala sesuatu yang berbeda dijadikannya hal yang menarik.

Gadis kelahiran Medan, 24 Juni 1998 ini memiliki nama lengkap Rifa Alya yang biasa disapa dengan sebutan Rifa oleh teman-temannya. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Menjadi sosok kakak membuat ia harus mandiri dan tentunya dapat memberikan contoh yang baik kepada adik-adiknya. Tidak hanya itu, ia memiliki impian untuk selalu dapat membanggakan kedua orang tuanya. Berbagai cara ia perjuangkan, hingga sekarang impian itu terasa berada di depan mata.

Saat ini, Rifa menjalani pendidikan sebagai mahasiswa semester 7 S1 Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara. Sebenarnya, ketika lulus SMA ia ingin masuk ke Jurusan Psikologi. Namun setelah mencari informasi bahwa Jurusan Ilmu Komunikasi itu menarik, dan terbukanya peluang untuk bekerja di stasiun televisi, membuat ia coba-coba menambahkan pilihan Ilmu Komunikasi hingga akhirnya lulus melalui jalur SBMPTN. Rifa sendiri merupakan alumni dari SD Harapan 2 Medan, SMP dan SMA Harapan 1 Medan.

Semasa  SD, ia pernah menjadi juara kedua Lomba Pidato Bahasa Inggris se-Kecamatan Medan Maimun. Saat ini, selain sibuk dengan urusan perkuliahan, Rifa menjabat sebagai Duta Mahasiswa USU 2017. Ia  juga menjadi bagian dari XL Future Leaders batch 6, dan menjadi juara pertama Lead Indonesia National Conference XL Axiata 2017. Tidak sampai di situ, Rifa juga berkecimbung sebagai Wardah Beauty Agent Batch 5. Ia juga masih aktif menjadi ilustrator di Pers Mahasiswa Pijar USU.

Prestasi yang telah diraih tidak membuatnya puas begitu saja. Rifa suka melakukan tantangan dan bertemu dengan orang-orang baru. Dengan begitu, ia memiliki banyak teman dari segala latar belakang dan wawasan yang ia dapat juga semakin luas. Hal-hal tersebut menjadi kebanggan tersendiri bagi Rifa dan membuatnya semakin percaya diri ketika tampil di depan umum.

Baru-baru ini,  sebagai Duta Mahasiswa USU, Rifa menjadi perwakilan USU untuk pemasangan batu pertama Kampus 2 USU di Kwala Bekala. Biasanya, Rifa juga ikut berperan aktif dalam kegiatan USU lainnya, seperti pemilihan Duta Pancasila, bakti sosial, dan lain-lain.
Menurutnya, memiliki banyak pengalaman itu seru. Pengalaman yang paling berkesan baginya adalah ketika masuk XL Future Leaders, dimana ia harus menjalani masa karantina dengan para pesaing yang pintar-pintar dari seluruh Indonesia. Ditambah lagi tes selama sebulan penuh yang dilalui juga sangat susah, karena penuh dengan Bahasa Inggris. “Hal berkesan lainnya, ketika bertemu dengan teman-teman dari seluruh Indonesia di Jakarta. Karena mereka pintar-pintar, jadi merasa beruntung saja saat berada di antara mereka,” ujar Rifa.

Semasa mengikuti karantina XL Future Leader tersebut, banyak ilmu yang didapatkannya. Kecantikan, catwalk, public speaking, dan grooming. Ketika grandfinal, ia dan seluruh finalis ditonton oleh hampir 2000 orang dan harus menampilkan tarian daerah yang mana latihannya hanya selama 2 minggu. Hal ini cukup berat bagi Rifa yang tidak terlalu mahir dalam hal menari.

“Dalam menjalani hidup sebaiknya kita memiliki motto diri dan jangan pernah cepat puas terhadap apapun, karena di luar sana masih banyak orang-orang yang jauh lebih hebat dari kita. Kita juga harus memperluas wawasan dan pertemanan agar hidup kita lebih produktif. Tidak sekedar kuliah terus tamat, karena untuk meraih cita-cita bukan cuma butuh hard skill saja, tetapi juga membutuhkan soft skill,"  tegasnya.




Related Posts

Posting Komentar

Writers

Aisha Tania Sinantan Sikoko 4 Alfi Bardan 3 Alya Elmi Niyana 3 Annisa 3 Anthony Dhasdo Siallagan 1 Aprilia 3 Arief Ramadhan Djiwandana 3 Chalista Putri Nadila 4 Christoper Aprilio Herdimas Siregar 3 Cici Handayani Br.Ginting 4 Cut Yasmine Amalia Nurazzahra 4 Dai Ridho Ritonga 2 Debora Ginting 3 Debra Nila Mesita Yohana 4 Devita Sandra Milenia 3 Dinda Rahma Puspita Daulay 2 Dira Zulfi Chairunnisa 1 Diva Annisa Siregar 2 Erizki Maulida Lubis 4 Esai 40 Essay 1 Evi Septianti Br Perangin-Angin 4 Fatima Apriani Harahap 4 Fauzi Akbar 3 Feature 7 Fitri Fajriah Harapan 2 Galih Muhammad Soaloon Lubis 2 Game 1 Grace Immanuella Pascauli Hasugian 4 Gress Miya Tobina Tarigan 3 Habil Jabbar Jamack 1 Howen Jayawi 3 Jeremi Chris Sandra Brahmana 1 Jesika Gultom 3 Jihan Afrah 4 Karina Hanna Afriaty 4 Katerina Cheryl Dwi Anugrah 2 Khairunnisa 2 Konsumerisme 1 Lidya Sutanto 3 Maeka Naoma Tobing 2 Megan Lisandra Elmira 2 Meli Deliana Kamila 1 Mira Miareta Putri 1 Misrul Azizah 2 Muhammad Adriansyah Lubis 2 Muhammad Fikri Razak 4 Muhammad Hamli Rizki 4 Muhammad Ricky Al Fazril 2 Muhammad Ryan Alfarizi Nawar 3 Muhammad Taufan Mulia Harahap 4 Mukhlis Lahuddin Harahap 3 Nur Rahmi Aqilia 2 Nurkhaliza Lubis 4 Prayer Nugraha M Sitorus 2 Puan Nadiya Maghfirah 2 Rafika Rizki Nurhadi 1 Raja Salsabila Pasha 2 Restika Juliana Silalahi 3 Review 10 Risya Nur Hasanah Saragih 1 Rizka Farha Aulia 3 Rohid Zulfikar Ashari 3 Sania Febrita Br Sembiring 3 Shalli Aggia Putri 2 Shilva Devira 1 Suci Syahfitri Ani 3 Syafira Pohan 3 Tentang Kami 66 Timotius Dwiki Meglona Hutabarat 4 Tsani Afifah 4 tutorial 1 Valencia Christiani Zebua 4 Vany Ayudisty 1 Widya Tri Utami 1