Ilmu Komunikasi A USU 2018

Blog ini dibuat bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah keterampilan berkomunikasi 2.

Bapak Aqua yang Tak Kenal Lelah


Hampir semua orang yang mengenyam pendidikan di Universitas Sumatera Utara (USU) mengenal Pak Hafiz. Dia selalu berjualan air mineral keliling USU dari pagi hingga sore. Bapak yang selalu ramah dengan senyuman tulusnya ini sudah terbiasa dengan mahasiswa yang ingin mengenal dan mewawancarainya. Saat kami datangi, bapak yang lebih dikenal dengan panggilan Bapak Aqua ini tersenyum dengan tulus sambil menyerukan jargon khasnya, “Aqua satu, Dek?”
Setelah hampir tujuh tahun lamanya, bapak yang memiliki nama bapak ini mengaku bahwa banyak hal yang sudah berubah di USU dan daerah sekitarnya. Tujuh tahun merupakan waktu yang tergolong lama di mana Pak Hafiz banyak menyaksikan pergantian status mulai dari mahasiswa baru, lama, hingga dengan gelar alumni. Tujuh tahun membuat Pak Hafiz banyak mengenal mahasiswa yang menurutnya ramah- ramah.

Dengan angkutan kota (angkot), setiap paginya Pak Hafiz berangkat dari rumahnya di daerah Amaliun untuk memulai harinya. Mulai berjualan dari pukul tujuh pagi, Pak Hafiz memulai pergerakannya dari Fakultas Kedokteran USU sampai ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Tiap harinya Pak Hafiz mampu mengelilingi kampus tiga sampai empat kali dan berjualan sejenak di daerah Auditorium USU hingga waktu menunjukkan pukul lima sore sebelum kembali ke rumah

Hari-hari Pak Hafiz berjualan di kampus tidak selalu didukung dengan cuaca yang baik. Terkadang cuaca hujan membuat Pak hafiz berhenti berjualan sejenak dengan berteduh, bahkan dus Aqua Pak Hafiz terkadang menjadi basah terkena air. Namun hal tersebut tak pernah memadamkan senyum di wajah Pak Hafiz. Beliau tak pernah lupa untuk selalu mengucapkan syukur setiap harinya atas apapun yang terjadi.

Aqua botol jualan Pak Hafiz ini diambil dari kantin yang ada di sekitaran USU untuk dijual kembali. Setiap satu dus terjual Pak Hafiz akan kembali ke kantin tersebut. Setelah berkeliling seharian di kampus, Pak Hafiz biasanya mampu menjual tiga hingga empat dus Aqua botol dengan rata-rata keuntungan dua ratus ribu rupiah per harinya.

Bapak keturunan Melayu berusia 62 tahun ini berjualan di USU dari hari Senin hingga Sabtu, sedangkan hari Minggu ia berjualan di Lapangan Merdeka. Selama ada waktu, Pak Hafiz selalu memanfaatkannya untuk menafkahi istri dan kedua anaknya yang masih sekolah dan sudah tamat SMA.

Dulu Pak Hafiz tidak hanya menjual Aqua. Ia sempat berkeliling menjual macam-macam minuman botol dan barang-barang Cina di sekitar Medan. Suatu hari ia bertemu dengan temannya yang menyarankan untuk berjualan di USU. Alhasil, sampai saat ini keuntungan Pak Hafiz berjualan di USU sudah cukup bagi Pak Hafiz.

Meskipun perlu menempuh perjalanan kaki berkilo meter, Pak Hafiz mengaku ia sudah terlatih dan sangat senang berjualan di kampus. Ia bahagia melihat mahasiswa, apalagi mahasiswa yang ramah. Beberapa terkadang bercengkerama dengan Pak Hafiz di tengah kesibukannya mencari nafkah. Namun, hal yang cukup disayangkan oleh Pak Hafiz, dengan kehadiran telepon genggam yang sudah mencakup dunia, mahasiswa sekarang sudah memiliki dunianya sendiri dan kurang bersosialisasi dengan sesamanya.

Saat ditanya harapan dan kunci semangat, tak muluk- muluk Pak Hafiz hanya berharap agar diberi umur panjang dan usaha Pak Hafiz lancar. Meskipun banyak saingan yang berjualan minuman yang sama, ia tak pernah merasa harus bersaing atau berlomba-lomba untuk menghabiskan dagangannya, ia yakin bahwa rejeki masing-masing sudah di atur oleh Yang Maha Kuasa. Tak ketinggalan, Pak Hafiz juga berharap agar USU menjadi lebih baik lagi dan meningkatkan performanya sehingga bisa menjadi kampus nomor satu di Indonesia.

“Harapan saya saat ini semoga umur saya panjang aja sama usaha lancar-lancar. Saya bersyukur jualan di kampus. Di USU ni  makin ramai aja kan, sampai bisa jadi nomor satu di Indonesia. Kalau dapat dia ranking di dunia ya ahahaha”, tutur Pak Hafiz menutup percakapan kami sore itu.

Related Posts

Posting Komentar

Writers

Aisha Tania Sinantan Sikoko 4 Alfi Bardan 3 Alya Elmi Niyana 3 Annisa 3 Anthony Dhasdo Siallagan 1 Aprilia 3 Arief Ramadhan Djiwandana 3 Chalista Putri Nadila 4 Christoper Aprilio Herdimas Siregar 3 Cici Handayani Br.Ginting 4 Cut Yasmine Amalia Nurazzahra 4 Dai Ridho Ritonga 2 Debora Ginting 3 Debra Nila Mesita Yohana 4 Devita Sandra Milenia 3 Dinda Rahma Puspita Daulay 2 Dira Zulfi Chairunnisa 1 Diva Annisa Siregar 2 Erizki Maulida Lubis 4 Esai 40 Essay 1 Evi Septianti Br Perangin-Angin 4 Fatima Apriani Harahap 4 Fauzi Akbar 3 Feature 7 Fitri Fajriah Harapan 2 Galih Muhammad Soaloon Lubis 2 Game 1 Grace Immanuella Pascauli Hasugian 4 Gress Miya Tobina Tarigan 3 Habil Jabbar Jamack 1 Howen Jayawi 3 Jeremi Chris Sandra Brahmana 1 Jesika Gultom 3 Jihan Afrah 4 Karina Hanna Afriaty 4 Katerina Cheryl Dwi Anugrah 2 Khairunnisa 2 Konsumerisme 1 Lidya Sutanto 3 Maeka Naoma Tobing 2 Megan Lisandra Elmira 2 Meli Deliana Kamila 1 Mira Miareta Putri 1 Misrul Azizah 2 Muhammad Adriansyah Lubis 2 Muhammad Fikri Razak 4 Muhammad Hamli Rizki 4 Muhammad Ricky Al Fazril 2 Muhammad Ryan Alfarizi Nawar 3 Muhammad Taufan Mulia Harahap 4 Mukhlis Lahuddin Harahap 3 Nur Rahmi Aqilia 2 Nurkhaliza Lubis 4 Prayer Nugraha M Sitorus 2 Puan Nadiya Maghfirah 2 Rafika Rizki Nurhadi 1 Raja Salsabila Pasha 2 Restika Juliana Silalahi 3 Review 10 Risya Nur Hasanah Saragih 1 Rizka Farha Aulia 3 Rohid Zulfikar Ashari 3 Sania Febrita Br Sembiring 3 Shalli Aggia Putri 2 Shilva Devira 1 Suci Syahfitri Ani 3 Syafira Pohan 3 Tentang Kami 66 Timotius Dwiki Meglona Hutabarat 4 Tsani Afifah 4 tutorial 1 Valencia Christiani Zebua 4 Vany Ayudisty 1 Widya Tri Utami 1