Ilmu Komunikasi A USU 2018

Blog ini dibuat bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah keterampilan berkomunikasi 2.

REMAJA DENGAN GAME ONLINE DAN PERILAKU KONSUMTIF


Dengan segala perkembangan pada teknologi yang kita rasakan saat ini, memunculkan berbagai macam fenomena yang mengakibatkan membentuk pola perilaku dari para pengguna. Pada perkembangan teknologi yang sangat terlihat jelas diterpa oleh dampaknya adalah para remaja. Salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yang cukup akrab bagi para remaja adalah gadget atau gawai. Tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya gadget di kehidupan sekarang ini banyak membawa dampak yang cukup serius.
            Fenomena yang saat ini digandrungi oleh para remaja adalah game online. Kemunculan game online sendiri awalnya digunakan sebagai hiburan pada waktu luang. Tetapi sering kali game online dinilai negatif dari golongan orang tua karena dianggap mengganggu kelangsungan studi para remaja, kehidupan sosialnya, hingga kesehatan fisik bagi para remaja. Kemudian akibat adanya  kemajuan teknologi, game online terus berkembang dan menjadi sebuah olahraga baru yang dinamakan eSports (eletronic sports).
            Esports itu merupakan suatu kegiatan yang dijadikan profesi bagi para pemainnya dalam menekuni dunia game sementara gaming adalah kegiatan yang dilakukan dalam waktu luang untuk bermain gameEsports sendiri disebut sebagai suatu profesi karena dengan bermain game online tersebut seseorang bisa menghasilkan uang. Bahkan esports sendiri telah mencetak suatu sejarah baru di mana menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 lalu.
            Mungkin golongan orang tua masih tidak setuju bahwa game online dapat mendatangkan suatu hal yang positif. Karena kembali lagi kepada remajanya, mungkin durasi harian mereka dalam bermain game online terbilang cukup lama atau bahkan seharian tanpa melakukan aktivitas lain. Sehingga orang tua selalu memiliki persepsi bahwa game online memang membawa pengaruh buruk bagi para remaja yang membuat mereka menjadi pribadi yang malas.
            Kemudian fenomena lain yang muncul akibat dari adanya kemajuan teknologi adalah budaya konsumerisme. Gaya hidup yang konsumtif biasanya terjadi pada masyarakat perkotaan karena kemudahan dari pengiklanan sebuah brand lebih mudah masuk dan juga pusat perbelanjaan yang cukup banyak tersebar. Kemudian dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini sepertinya dari setiap lingkungan pun bisa menjadi konsumtif. Karena telah muncul berbagai macam aplikasi shopping online yang bisa diakses melalui gadget. Sehingga siapapun bisa mencari dan membeli apapun dengan satu ketukan jari.
            Perilaku konsumtif sendiri timbul karena mereka membeli apa yang mereka inginkan bukan yang mereka butuhkan. Selain itu ada juga beberapa faktor yang melatarbelakanginya yaitu mungkin bagi keluarga yang ekonominya baik, tetapi orang tuanya  sibuk bekerja sehingga demi memenuhi kasih sayang anaknya mereka akan memanjakan dengan materi. Dengan pola asuh tersebut dapat menimbulkan sifat konsumtif sedari dini. Kemudian juga dari lingkungan pertemanan si anak bahwa ia dituntut harus mengikuti status sosial teman-temannya atau si anak akan dikucilkan.
            Dampak dari perilaku konsumtif bagi para remaja cukup banyak yang pertama adalah mereka akan tidak mensyukuri apa yang mereka punya saat ini dan selalu merasa kurang. Demi mengikuti status sosial teman-temannya bisa saja si anak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti mencuri karena keinginan memiliki kedudukan yang sama atau bahkan lebih dari teman-temannya tersebut. Kemudian untuk kehidupan ke depan bagi para remaja mereka akan sulit mengatur kebutuhan dasarnya dari primer, sekunder dan tersier. Karena mereka sudah memiliki pola pikir harus memenuhi apa yang mereka inginkan bukan yang mereka butuhkan.
            Dari dua fenomena yang muncul akibat kemajuan teknologi tadi merupakan contoh bagi kita semua yang mana kita harus mengajarkan dan mengingatkan orang-orang terdekat kita, bahwa jika suatu teknologi yang digunakan secara berlebihan atau tidak tepat pada manfaatnya dapat berakibat negatif bagi kelangsungan hidup kita. Sehingga kita sebagai pengguna harus bijak dalam penggunaannya maka kemudahan dari kemajuan teknologi itu kita rasakan.
           

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Writers

Aisha Tania Sinantan Sikoko 4 Alfi Bardan 3 Alya Elmi Niyana 3 Annisa 3 Anthony Dhasdo Siallagan 1 Aprilia 3 Arief Ramadhan Djiwandana 3 Chalista Putri Nadila 4 Christoper Aprilio Herdimas Siregar 3 Cici Handayani Br.Ginting 4 Cut Yasmine Amalia Nurazzahra 4 Dai Ridho Ritonga 2 Debora Ginting 3 Debra Nila Mesita Yohana 4 Devita Sandra Milenia 3 Dinda Rahma Puspita Daulay 2 Dira Zulfi Chairunnisa 1 Diva Annisa Siregar 2 Erizki Maulida Lubis 4 Esai 40 Essay 1 Evi Septianti Br Perangin-Angin 4 Fatima Apriani Harahap 4 Fauzi Akbar 3 Feature 7 Fitri Fajriah Harapan 2 Galih Muhammad Soaloon Lubis 2 Game 1 Grace Immanuella Pascauli Hasugian 4 Gress Miya Tobina Tarigan 3 Habil Jabbar Jamack 1 Howen Jayawi 3 Jeremi Chris Sandra Brahmana 1 Jesika Gultom 3 Jihan Afrah 4 Karina Hanna Afriaty 4 Katerina Cheryl Dwi Anugrah 2 Khairunnisa 2 Konsumerisme 1 Lidya Sutanto 3 Maeka Naoma Tobing 2 Megan Lisandra Elmira 2 Meli Deliana Kamila 1 Mira Miareta Putri 1 Misrul Azizah 2 Muhammad Adriansyah Lubis 2 Muhammad Fikri Razak 4 Muhammad Hamli Rizki 4 Muhammad Ricky Al Fazril 2 Muhammad Ryan Alfarizi Nawar 3 Muhammad Taufan Mulia Harahap 4 Mukhlis Lahuddin Harahap 3 Nur Rahmi Aqilia 2 Nurkhaliza Lubis 4 Prayer Nugraha M Sitorus 2 Puan Nadiya Maghfirah 2 Rafika Rizki Nurhadi 1 Raja Salsabila Pasha 2 Restika Juliana Silalahi 3 Review 10 Risya Nur Hasanah Saragih 1 Rizka Farha Aulia 3 Rohid Zulfikar Ashari 3 Sania Febrita Br Sembiring 3 Shalli Aggia Putri 2 Shilva Devira 1 Suci Syahfitri Ani 3 Syafira Pohan 3 Tentang Kami 66 Timotius Dwiki Meglona Hutabarat 4 Tsani Afifah 4 tutorial 1 Valencia Christiani Zebua 4 Vany Ayudisty 1 Widya Tri Utami 1